Posisi tidur yang baik bagi ibu hamil

Bagi seorang ibu yang sedang dalam masa kehamilan tentunya harus memperhatikan semua apa yang dilakukan, mulai dari pemilihan makanan sampai dengan posisi ketika sedang tidur. Semua itu dikarenakan ada calon bayi yang sedang dikandung, maka dari itu harus memperhatikan hal hal kecil sekalipun.

Berbicara masalah posisi ketika tidak mungkin masih banyak beberapa ibu yang belum mengetahui secara pasti tentang posisi yang baik ketika tidur disaat hamil itu seperti apa, karena apabila salah dalam posisinya dapat memicu terjadinya beberapa masalah untuk kesehatan seperti nyeri otot dan kaki membengkak. Untuk itu artikel ini dibuat untuk memberikan informasi mengenai posisi tidur yang baik bagi ibu yang sedang hamil.

Jangan tidur Telentang

Posisi tidur secara terlentang sangat tidak dianjurkan bagi ibu yang sedang dalam kondisi hamil, apalagi usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Karena hal ini dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah utama, sehingga dapat mengakibatkan peredaran darah ke ibu dan calon bayi menjadi terhambat..

Menyamping ke Kiri

Tidur dengan menyamping kekiri ketika ibu dalam masa kehamilan sangat dianjurkan oleh para ahli. Karena dengan posisi tidur menyamping kekiri dapat memperlancar sirkulasi darah menuju ke jantung dan yang menuju calon bayi serta yang menuju ke ginjal. Tidur dengan posisi menyamping kekiri juga dapat meminimalisir adanya pembengkakan pada area kaki maupun tangan, sebagaimana yang kita ketahui bahwa bagian kaki mamupun tangan pada ibu yang sedang hamil umum terjadi pembengkakan, hal ini tak lepas dari posisi tidur yang tidak benar.

Penggunaan bantal

Bantal umumnya digunakan pada kepala, namun ketika ibu hamil maka selain dikepala bantal juga dapat kita gunakan disamping tubuh guna menaikkan posisi dada. Bantal juda dapat digunakan untuk menyangga perut dengan menaruhnya pada bagian perut dan bagian belakang/punggung.

Dengan posisi tidur yang baik dimasa kehamilan tentu saja dapat meminimalisir resiko seperti kaki bengkak, dan juga masalah masalah lain yang umum terjadi ketika masa kehamilan. Dan tentunya dengan posisi tidur yang baik dapat memberikan kualitas tidur yang baik juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *