Mengenal Potensi Sektor Pertanian Menurut BKPM di Indonesia

Sejak dulu Indonesia digambarkan sebagai kawasan subur layaknya sebongkah tanah surga yang jatuh ke bumi. Pernyataan tersebut tidaklah berlebih mengingat fakta memang sebagian besar tanah di Indonesia tergolong subur sehingga cocok dijadikan lahan pertanian maupun perkebunan.

Mengenal Potensi Sektor Pertanian Menurut BKPM di Indonesia

Indonesia memiliki potensi di sektor pertanian menurut BKPM yang luar biasa besar bila dikelola secara profesional dan terpadu. Lihat saja hasil pertanian Indonesia menjadi komoditas primadona kelas dunia, sebut saja seperti kopi robusta Sumatera yang dikenal hingga Amerika, Lada putih Bangka Belitung berkualitas terbaik hingga komoditas minyak atsiri Indonesia yang sudah diekpor untuk memenuhi kebutuhan indutri parfum dan farmasi Eropa.

Apa Saja Potensi Pertanian Indonesia Menurut BKPM?

Membahas mengenai potensi pertanian maka hal pertama yang harus diketahui yaitu faktor faktor pendukung yang terdiri dari kondisi iklim Indonesia berada di khatulistiwa dengan suhu hangat basah menjadi modal berharga penunjang keberhasilan sektor pertanian.

Faktor lainnya yaitu kondisi sebagian besar tanah di Indonesia juga tergolong subur karena kawasan nusantara dikenal sebagai Ring of Fire (cincin api) karena banyak gunung berapi membuat tanah Vulkanis terhampar dimana mana.

Menurut data yang dihimpun oleh Badan Pertanahan Nasional menyebutkan bahwa terdapat 7,2 juta hektar lahan pertanian yang belum dioptimalkan diseluruh Indonesia dimana baru 500 ribu hektar saja yang baru dikelola. Tentu sungguh sangat disayangkan bukan padahal dengan lahan seluas itu bisa menghasilkan produksi komoditas pertanian yang luar biasa bila dikelola secara terpadu dan profesional.

Keterbatasan dana menjadi permasalahan utama yang menghambat kemajuan sektor pertanian di Indonesia. Negara melalui Kementerian Pertanian telah memiliki anggaran tahunan namun tetap saja jumlahnya belum mampu mengcover semua kebutuhan dalam upaya meningkatkan potensi pertanian di Indonesia.

Untuk itulah Pemerintah melalui BKPM mengundang calon Investor yang tertarik menanamkan modalnya di Indonesia dengan sistem kerjasama saling menguntungkan dengan melengkapi prosedur investasi yang sudah ada. BKPM juga bisa mengadakan seminar di negara maju untuk mengajak investor yang mampu mentransfer teknologi pertanian sehingga secara tidak langsung akan bedampak baik bagi perkembangan pertanian di Indonesia pada masa mendatang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai potensi sektor pertanian menurut BKPM, semoga informasi yang telah dijelaskan bermanfaat dan membuka pikiran kita bahwa pertanian Indonesia layak dikembangkan demi memberikan manfaat sebesar besarnya bagi kehidupan masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *