Langkah langkah dalam beternak lintah

Beternak adalah salah satu aktifitas yang memelihara atau mengembangbiakkan hewan supaya menghasilkan suatu keuntungan dari suatu aktifitas yang dilakukan itu. Dalam usaha beternak itu biasanya hewan yang diternak adalah seperti sapi, kambing, ayam, dan juga ikan, namun selain itu ternyata adalah hewan lain yang jarang diternak akan tetapi jika diternak bisa menghasilkan keuntungan yang besar, hewan tersebut adalah lintah.

Mungkin bagi sebagian orang akan merasa asing apabila mendengar mengenai tata cara beternak lintah, karena hewan tersebut tidak biasa jika diternak. Ya karena lintah bukanlah hewan ternak yang biasa dikenal orang, banyak orang yang mengenal hewan tersebut sebagai hewan liar saja. Meskipun begitu ternyata lintah juga bisa diternak/dibudidayakan, dan bahkan bisa menghasilkan keuntungan yang begitu besar.

beternak lintah

Dan jika anda penasaran tentang bagaimana beternak lintah, berikut beberapa langkah langkah dalam beternak/membudidayakan lintah.

Persiapan dalam beternak hewan apapun dan tak terkecuali lintah bisa cod mencakup mengenai persiapan tempat, pembelian bibit, serta pemasaran/dimana nantinya anda akan menjual hewan yang anda ternak. Untuk itu sebelumya kita perlu mempersiapkan kolam untuk budidayanya, dan selanjutnya adalah pembelian bibit lintah yang akan kita budidayakan. Yang perlu diperhatikan jika kita ingin memulai usaha ini sebelum persiapan kolam serta pembelian bibit maka kita harus mempunyai tempat pemasaran terlebih dahulu yang nantinya akan digunakan untuk menjual lintah yang kita ternak, karena lintah bukanlah hewan yang umum bisa kita pasarkan pada semua orang.

Dan jika kesemuanya sudah tersiapakan maka langkah selanjutnya adalah proses beternak/pemeliharaan. Lintah adalah hewan yang mudah dipelihara, jadi anda tidak perlu khawatir dalam membudidayakannya. Beternak lintah hanya perlu memberikan pakan serta menyeleksi ukuran besar kecilnya lintah saja, berbeda dengan beternak ayam burung atau yang lainnya.

Dalam memberikan pakan lintah bisa kita berikan selama 2 Minggu sekali saja, tidak usah memberikan pakan setiap hari karena hewan ini mampu bertahan hidup tanpa makan sampai berbulan bulan. Pakan yang dapat kita berikan bisa berupa lele atau belut yang dipotong potong, taruh pakan pada wadah lalu berikan pada lintah dengan menaruh dikolamnya. Jangan lupa juga memberikan pecahan genteng dan juga tanaman air pada kolam lintah, hal ini bertujuan agar kolam lintah layaknya dialami liar.

Pemberian pakan lintah diatas dapat kita lakukan setiap 2 Minggu sekali, dan biasanya dalam sekali memberi pakan menghabiskan sekitar 2 kg pakan untuk sekitar 1000 ekor lintah yang dipelihara. Ketika sudah masuk umur sekitar 3 bulan sejak dipelihara maka perlu kita lakukan penyeleksian, penyeleksian kecil besarnya ukuran lintah. Karena hewan ini termasuk hewan yang kanibal juga, dia mau memakan sesama lintah yang ukurannya jauh lebih kecil jika merasa kelaparan. Untuk itu kita perlu menyeleksi yang besar dengan yang terlalu kecil, kemudian pisahkan pada tempat yang berbeda.

Dan yang terakhir adalah memanen lintah yang kita ternak/budidayakan. Proses pemanenan dapat kita lakukan setelah lintah memasuki umur sekitar 5 bulan sejak dipelihara, ketika umur tersebut biasanya ukuranya sudah ukuran siap jual sekitar jari anak kecil. Lintah yang kita panen ini dapat kita jual pada tempat tempat yang membuka jasa terapi lintah, atau bisa juga kita buat menjadi minyak lintah kemudian kita jual. Dan untuk harganya biasnya 1 ekor lintah dihargai sekitar 9.000 rupiah untuk ukuran tersebut.

Beternak lintah memang sudah ada sejak dahulu namun belum semua orang mengetahuinya, dan beternak hewan yang satu ini juga bisa dikatakan sebagai peluang bisnis yang cukup memberikan janji keuntungan yang besar. Pasalnya belum banyak orang yang menekuni bisnis beternak lintah tersebut, padahal orang yang membutuhkan hewan tersebut sangatlah banyak karena lintah memiliki kegunaan yang begitu besar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *