Keindahan Pesona Taman Vertikal

Ingin menghadirkan taman pada hunian namun lahan terbatas? Taman vertikal pilihannya!

Tanaman memiliki peran penting di dalam rumah, karena membuat rumah lebih sejuk dengan menghasilkan gas oksigen (O2 ) dan menyerap gas karbondioksida (CO2) yang dikeluarkan manusia. Bagi Anda pecinta tanaman, taman dapat menjadi media penyalur hobi yang asyik karena dapat menanam tanaman yang Anda disukai.

Keindahan Pesona Taman Vertikal

Tak usah berkecil hati jika tak memiliki lahan yang cukup untuk menghadirkan taman di rumah, karena Anda bisa menghadirkan taman vertikal. Hanya dengan memanfaatkan salah satu dinding rumah, taman yang hijau segar bisa Anda wujudkan. Bagi Anda yang memiliki halaman luas, kehadiran taman vertikal pun bisa menjadi variasi yang menarik bagi hunian. Selain menambah keindahan, taman vertikal juga dapat menjadi “kulit kedua” bangunan yang mampu meredam panas yang diterima bangunan.

Cara Penanaman
Cara penanaman pada taman vertikal bervariasi. Caranya, Anda dapat langsung menanam pada dinding atau menggunakan wadah seperti non woven geotextile, yaitu modul tempat menyimpan sekam dan tanaman. Modul ini memiliki bahan yang awet dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Selain itu, modul ini juga dilengkapi kantong-kantong yang dapat ditanami tanaman dengan jenis yang berbeda-beda. Penggunaan modul ini cocok bagi yang ingin memberikan kesan unik pada rumah. Penanaman dengan menggunakan non woven geotextile agak rumit dan membutuhkan ketelatenan dan perawatan yang lebih khusus.

Namun, hasilnya akan sangat indah. Selain di luar ruang, taman ini dapat diposisikan di ruang dalam, seperti ruang keluarga maupun area yang dapat dengan mudah dilihat kebanyakan orang. Pilih posisi yang akan memberi daya tarik tersendiri dan memudahkan Anda untuk menyiram taman vertikal tersebut secara rutin. Alternatif cara tanam lain yang dapat dipilih yaitu dengan menggunakan pot sebagai media tanam.

Wadah tanam dapat Anda kreasikan sendiri, misalnya dengan menggunakan botol kaca, botol plastik, kaleng, atau wadah lainnya. Untuk Anda yang tidak ingin repot, menanam dengan menggunakan pot menjadi salah satu cara menghadirkan taman vertikal yang paling mudah. Perawatan tanaman pada pot sama halnya dengan penanaman biasa, yaitu dengan menyiram tanaman sesuai kebutuhan air yang diperlukan.

Media pot dapat digantung maupun diletakkan di ambalan. Bagi Anda yang mempunyai dinding kosong dan lokasi mudah dijangkau oleh sinar matahari, cukup dengan memasang ambalan dan meletakkan pot tanaman, ruang pun tampil lebih cantik. Apabila tidak ada dinding kosong pada rumah, Anda dapat menggantung pot di dekat jendela sehingga tanaman tetap dapat tumbuh dengan memperoleh sinar matahari yang cukup.

Jenis Tanaman yang Cocok
Prinsip utama pemilihan tanaman untuk taman vertikal adalah pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan perawatan ekstra. Pilihlah tanaman yang lambat dalam pertumbuhannya dan yang tidak merambat dalam waktu cepat. Sebab, tanaman seperti ini akan berkembang dan menjalar dengan tidak teratur dan membutuhkan perawatan yang rutin. Dari sisi estetika, Anda dapat menggunakan tanaman berbunga, misalnya dari jenis bromelia. Tanaman ini, selain memiliki bunga yang indah, juga memiliki daun yang bermacam warna. Akan lebih bermanfaat, jika Anda tak hanya mempertimbangkan estetika, namun juga mempertimbangkan peran lain yang bisa diberikan oleh jenis tanaman yang ditanam. Anda bisa memilih jenis tanaman obat-obatan, bumbu, atau sayur-sayuran. Tanaman jenis ini, selain dapat dikonsumsi, juga dapat menjadi media pembelajaran anak mengenai jenis-jenis tanaman.

Aksesoris Tambahan
Bila taman vertikal anda sudah jadi, sekarang saatnya memberikan aksesoris tambahan agar kesan cantik pada taman semakin kuat. Saat matahari belum terbenam, taman terlihat cantik berkat bantuan sinar matahari, namun jika malam hari taman tersebut mmebutuhkan caha buatan. Untuk itulah anda membutuhkan lampu taman agar taman vertikal tetap terlihat dimalam hari. Selain sebagai sumber cahaya, lampu ini juga berguna untuk memperindah taman anda.

Jangan lupa pula untuk sediakan alat genset, jika suatu saat listrik mati di malam hari bukan masalah yang besar bagi anda. Dimana tempat untuk membelinya ? Kunjungi jual genset kecil di bali, disana tersedia berbagai alat genset untuk segala macam kebutuhan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *