Kapankah Waktu Yang Paling Tepat Untuk Memompa ASI ?

Kita semua sudah mengetahui bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Tetapi bagi kebanyakan Ibu baru, menyusui adalah hal yang sulit karena belum terbiasa melakukannya.
Saat ini banyak alat bantu menyusui yang bisa Anda miliki untuk mendukung saat Anda menyusui misalnya bra menyusui, bantalan payudara dan salep untuk puting payudara.

Saat ini juga sudah sangat banyak tersedia pemompa payudara atau ASI yang bisa di gunakan pada saat kondisi yang menyebabkan Anda harus memompa ASI dengan tangan untuk tetap memberikan ASI walaupun Anda bekerja di luar rumah.

Waktu Yang Paling Tepat Untuk Memompa ASI

Tetapi bagaimanapun menyusui langsung akan lebih baik daripada memompa ASI Anda menggunakan alat bantu. Menyusui langsung lebih alami dan lebih higienis dan akan menjamin kesehatan bayi dan kesehatan payudara Ibu sendiri.

Bagi Ibu yang bekerja atau selalu bepergian keluar rumah tetapi ingin tetap menyusui bayinya, memompa ASI adalah yang terbaik untuk memberikan ASI untuk bayi. Memompa ASI akan jauh lebih baik daripada memberikan bayi Anda susu formula. Beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah kebersihan, sterilisasi pompa dan botol ASI, serta cara menyimpan ASI di rumah yang benar.

Jangan karena Anda malam menyusui Anda memompa ASI untuk persediaan. Berikut ini beberapa alasan yang mengharuskan Anda memompa ASI untuk bayi Anda di rumah:

1. Jika Anda mengalami masalah dengan ASI sedikit

Pada saat awal menyusui mungkin Anda mengalami ASI yang sangat sedikit, pompa payudara adalah alat sederhana yang bisa menjadi solusi untuk Anda dan bayi Anda sendiri.

Misalnya saja pada saat bayi Anda di lahirkan tidak bisa menemukan puting dengan benar dan belum bisa mendapatkan ASI maksimal, Anda bisa memompa ASI selama 5 hari setelah ia di lahirkan untuk tetap memberikan ASI terutama kolostrum dengan sendok. Kolostrum adalah zat ASI pertama yang sangat bagus untuk kesehatan bayi saat ini hingga dewasa.

Jika selama 2 hari Anda memompa ASI dan hari ketiganya bayi sudah bisa menyusui dengan benar, Anda tidak perlu memompanya lebih lanjut. Lebih baik memberikannya langsung dengan payudara Anda.

2. Jika Anda bekerja atau berpisah dengan bayi

Hal yang paling umum yang mengharuskan Anda memompa ASI Anda adalah pada saat Anda sudah mulai bekerja dan ingin tetap menyusui bayi Anda.

Atau pada saat Anda bepergian agak lama yang mengharuskan Anda meninggalkan bayi di rumah, Anda harus memompa ASI untuk kebutuhan si kecil.

3. Untuk meningkatkan pasokan ASI atau susu

Penyebab memompa ASI dengan tangan adalah jika Anda sudah beberapa hari atau minggu tidak mendapatkan pasokan ASI maksimal yang bisa di sebabkan oleh bayi Anda sendiri atau payudara Anda.

Jika Anda mempunyai ASI yang tidak terlalu banyak Anda bisa membantu bayi Anda dengan menggunakan pompa payudara untuk melancarkan aliran susu dan membantu bayi mendapatkan ASI maksimal.

4. Jika pasangan Anda ingin memberi makan bayi

Memompa ASI bisa di lakukan jika saat ini suami Anda ingin memberikan susu kepada si kecil. Saat ini ada beberapa ayah yang sangat ingin memberikan makan kepada bayinya tercinta, jika hal ini terjadi Anda bisa memompa ASI untuk di berikan oleh suami kepada bayi Anda.

Dengan memberikan makanan oleh ayah maka kedekatan si kecil dengan ayah akan lebih baik karena biasanya bayi akan lebih dengan dan intim dengan Ibu.

Ada beberapa suami yang Ingin memberikan ASI dengan botol pada saat malam hari sepulang bekerja. Memompa ASI akan menjadi solusi yang sangat baik bagi bayi dan keluarga Anda.

5. Jika ASI Anda terkontaminasi

Memompa ASI bisa di sebabkan karena ASI Anda saat ini terkontaminasi dengan obat dan sudah melakukan pemeriksaan Dokter. Misalnya saja dokter memberikan obat tertentu dan merekomendasikan Anda memompa susu karena terkontaminasi dengan obat yang Anda minum.

Dokter akan merekomendasikan memompa dan membuang ASI beberapa kali untuk memastikan ASI Anda sudah bersih dan layak di minum oleh bayi Anda.

6. Untuk meringankan kelebihan pasokan dan mengatasi pembengkakan

Jika payudara Anda saat ini menghasilkan sangat banyak susu dan bayi Anda sudah kenyang, Anda bisa meringankan ketidaknyamanan karena merasa payudara penuh dan bengkak dengan memompa ASI, Anda bisa menyimpan ASI untuk persediaan esok harinya.

Pada saat malam hari jika payudara Anda kelebihan ASI akan terasa sangat berat dan seperti bengkak. Jika Anda tidak ingin membangunkan bayi Anda saat tidur, Anda bisa memompanya untuk meringankan sakit sementara.

Memompa ASI juga bisa di lakukan saat Anda menderita mastitis atau payudara yang bengkak dan sakit karena saluran tidak lancar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *