Kapan Diperbolehkan Membawa Bayi Naik Pesawat?

bayi siap traveling
bayi travelling

Para orang tua yang jauh dari kampung halaman, pastinya ingin membawa sang buah hati untuk bertemu dengan keluarga yang sudah lama tidak bertemu. Namun pertanyaan yang sering muncul adalah pada saat usia berapa orang tua diperbolehkan membawa bayi naik pesawat. Sebelum mengajak bayi Anda untuk terbang menggunakan pesawat, sebaiknya Anda mengetahui beberapa peraturan yang dubuat oleh maskapai terkait dengan terbang dengan membawa bayi. Seringkali orang tua baru mempertanyakan tentang usia berapa bayi bisa diajak untuk bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Tentunya sebelum bepergian dengan menggunakan pesawat, orang tua terlebih dahulu akan menanyakan hal tersebut kepada dokter. Umumnya, dokter akan menyarankan orang tua agar tidak membawa bayi naik pesawat di bulan-bulan pertama kelahiran. Alasannya adalah karena pada bulan-bulan pertama, ibu dan bayi membutuhkan lingkungan yang stabil. Ibu dan bayi membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.

Namun menurrut salah satu pakar parenting yang juga merupakan seorang dokter anak, Dr. Sears mengatakan bahwa pada waktu usia 2 minggu saja bayi dan ibu sudah bisa diajak untuk bepergian dengan menggunakan pesawat. Kondisi ini berdasarkan asumsi bahwa bayi yang lahir pada waktu yang tepat (bayi tidak lahir prematur) dalam keadaan yang sehat penuh. Nah, bagi Anda para orang tua yang ingin membawa sang buah hati yang masih berusia beberapa bulan untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat, berikiut adalah beberapa tips membawa bayi naik pesawat.

Tips Membawa Bayi Naik Pesawat

  1. Pesan kursi terbaik dengan posisi yang nyaman menurut Anda
  2. Sebelum naik ke dalam pesawat, susui bayi Anda terlebih dahulu. Menyusui di dalam pesawat dapat menyebabkan usus bayi kembung dan menyebabkan keram perut.
  3. Biarkan sang buah hati Anda tertidur saat di dalam pesawat.

Nah, itulah beberapa tips membawa bayi naik pesawat. Bagi Anda yang hendak mudik, jangan lupa persiapkan segala kebutuhan Anda dan bayi. Anda bisa mengakses salah satu blog parenting untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai perkembangan bayi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *